0
Agar Tidak Keliru, Ini Perbedaan Mouse Biasa dan Gaming Mouse!




Meski ukurannya sekitar sekepalan tangan, keberadaan mouse tetap tidak bisa dipandang remeh. Dengan mouse, menggerakkan kursor jadi lebih mudah, cepat dan akurat ke arah manapun yang Anda inginkan.
Menariknya, mouse kini hadir dalam dua kategori yang berbeda, yaitu mouse biasa (standar) dan gaming mouse. Idealnya, untuk bekerja, browsing dan mengerjakan tugas-tugas lainnya, Anda cukup menggunakan mouse standar. Namun, untuk bermain, sebaiknya Anda menggunakan mouse yang dirancang khusus atau biasa disebut gaming mouse.
Jika ditelisik lebih dalam, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang signifikan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini,

Resolusi DPI
Mouse standar memiliki resolusi DPI (Dots Per Inch) sekitar 500-800, sedangkan gaming mouse bisa mencapai 2000 dpi ke atas. Semakin tinggi ukuran DPI, maka akan terasa lebih cepat dan akurat saat menggerakkan kursor ke berbagai sudut. Khusus gaming mouse, ukuran DPI-nya memang harus lebih tinggi karena kecepatan dan akurasi sangat berguna untuk mengoptimalkan hasil permainan.

Desain dan teknologi

Jika dilihat dari sisi konektivitas maupun fitur pendukung lain, kedua mouse tersebut tidak memiliki perbedaan yang berarti. Namun, umumnya mouse standar memakai sambungan kabel USB dengan desain yang standar pula. Berbeda dengan gaming mouse yang lebih mengutamakan desain menarik dan sebagian besar menggunakan koneksi Bluetooth.
Yang paling membedakan, pada gaming mouse terdapat beberapa tombol macro yang dapat diprogram sesuai kebutuhan, terutama saat bermain. Misalnya yang terdapat pada gaming mouse merk Prolink PMG9801L, Prolink EGA, Genius X-G510, Genius X-G500 dan masih banyak lagi lainnya.

Sisi fungsionalitas 
Dalam gaming mouse, fitur macro dan keystroke merupakan hal penting, karena berfungsi memudahkan mode permainan yang akan dimainkan. Misalnya, ketika Anda bermain game fighter maka beberapa jurusnya bisa Anda simpan lewat fitur macro. Sedangkan keystroke adalah langkah setiap menginput suatu karakter dalam sebuah permainan. Misalnya, saat kita menekan tombol X sekali, maka keystroke-nya akan memunculkan beberapa menu X yang bervariasi. Hal ini tidak terdapat pada mouse biasa yang notabene berfungsi hanya sebagai media pendukung efektivitas pekerjaan.

Fitur dan efek tambahan
Gaming mouse umumnya memiliki fitur dan efek tambahan, seperti sensitivitas yang dapat meningkatkan kinerja mouse saat dioperasikan, agar game tidak menjadi lambat atau grafis terlihat buruk. Selanjutnya, laser LED yang membantu mendeteksi sensor mouse saat melakukan akselerasi. Dan terakhir, memory on board yang berfungsi sebagai media penyimpanan beragam karakter atau jurus dalam setiap permainan, sehingga untuk mendapatkannya, Anda cukup meng-klik sekali dan semuanya langsung berjalan. 

Banyaknya tombol

Faktanya, mouse biasa memang dirancang sesimpel mungkin untuk memudahkan pengoperasian. Mulai dari 1 tombol scroll dan 2 tombol klik kiri dan kanan. Harganya pun bervariasi, mulai 50 ribu – ratusan ribu rupiah, tergantung merk atau kelebihan yang dimiliki. Sedangkan gaming mouse, selain dirancang lebih stylish dan modern, terdapat juga tombol kontrol tambahan yang umumnya mudah diprogram sesuai kebutuhan. Harganya berkisar antara 200 ribu – jutaan rupiah, kembali lagi tergantung pada merk dan kelebihan yang dimiliki.

Selain itu, ada juga tombol khusus di atas scroll yang bisa digunakan untuk mengatur dpi. Tombol triple click dan back-next juga ada pada kebanyakan gaming mouse. Sensitivitasnya juga lebih baik ketimbang mouse biasa. Mouse khusus dilengkapi dengan sensor optik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan game. Fitur ini menjadi lebih menarik dengan adanya laser untuk mendeteksi gerakan tangan.

Yang perlu Anda ketahui, penggunaan gaming mouse juga membutuhkan komputer atau laptop berkapasitas RAM besar (2GB) dan spesifikasi hardware yang sesuai dengan game. Hal ini akan memaksimalkan proses permainan, sekaligus tidak mengakibatkan “lag” atau gangguan lainnya. Berbeda dengan mouse biasa, yang hanya memerlukan spesifikasi standar pada sebuah komputer atau laptop.

Itulah beberapa perbedaan mouse standar dengan gaming mouse, semoga bermanfaat!

Post a Comment Blogger

[+] Berkomentarlah yang baik dan sopan
[+] Dilarang berkomentar dengan Link atau URL aktif
[+] Dilarang Komentar berbau SARA
[+] Jika ada Link Mati / Error segera Hubungi Admin

 
Top